Membeli Domain .id Dengan Aplikasi DANA - GOOTECH

Membeli Domain .id Dengan Aplikasi DANA

cara mudah dan praktis membeli domain .id dengan aplikasi dana

Setelah membiarkan blog ini menganggur/vakum selama hampir 2 tahun. Akhirnya kepikiran lagi untuk mengaktifkan kembali blog ini. Dan berpikir untuk mengganti domain yang sebelumnya knoacc.org menjadi domain .id. Namun karena alasan berhemat, lebih memilih untuk memakai sub .my.id karena lebih murah.

Sebagai perbandingan, harga sewa pertahun domain .id sebasar 200rb-an sedangkan domain .my.id hanya seharga 10rb-an saja. Jadi bisa langsung menyewa selama lima tahun dan sisanya buat beli rokok.

Nah, karena berbagai alasan. Saya putuskan untuk membeli domain ini dengan aplikasi dana karena lebih mudah dan tidak perlu ke ATM atau Transfer lewat bank konvensional. Prosesnya juga mudah dan praktis.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Mengecek ketersediaan domain di situs PANDI dengan mengetik domain yang diinginkan di kolom yang disediakan dan tekan tombol cari.

Cek Ketersediaan Domain

2. Jika tersedia, maka silahkan scroll ke bawah dan pilih registrar yang direkomendasikan oleh PANDI. Saya memilih asal saja yakni Citraweb. Bukan karena yang tebaik, pokoknya asal registar Indonesia dipastikan ada metode pembayaran dengan kearifan lokal. Anda juga bisa memilih registrar lain dari sekian banyak registrar.

Dartar registrar Lokal Indonesia

3. Daftar situs registrar. Karena saya memilih citraweb, saya diarahkan ke laman hostingnya di alamat citrahost.com. Silahkan daftar dan isi form sesuai yang diminta. dan lanjut masuk ke laman clientarea.

4. Pilih domain yang diinginkan dan durasi sewa

5. Konfirmasi pesanan dan pilih pembayaran dengan metode Transfer.

6. Lihat detail invoice di atas. Biasanya akan tertera rekening bank registrar terkait.

7. Buka aplikasi DANA dan pilih menu Transfer. Pilih salah satu bank tujuan transfer yang tercantum di-invoice.

8. Lihat jumlah tagihan yang ada di-invoce. Sebagai contoh, berikut invoce yang saya dapatkan:

9. Buka aplikasi DANA dan buka menu Lihat Semua dan scroll hingga terlihat menu Kirim ke Bank dan pilih salah satu dari daftar yang ada atau langsung mengetik nomer rekening tujuan. Masukkan nominal sesuai jumlah yang ditagihkan dan selesaikan transaksi.

10. Jika sudah terbayar, ambil screenshoot pembayaran karena mungkin akan dibutuhkan untuk konfirmasi transaksi.

Pada registrar citraweb, ada nomor whatsapp yang tertera untuk konfirmasi. Anda bisa mengirimkan chat ke nomor tersebut dan kirimkan juga screenshot taransaksi apabila dibutuhkan.

Cara pembelian domain dengan aplikasi Dana ini sebenarnya tidak terbatas pada domain .id saja. Namun bisa juga dipakai untuk membeli domain lain semisal .com, .org dan lainnya. Hanya saja harus membeli di registrar lokal Indonesia yang mempunya metode pembayaran secara transfer melalui bank-bank yang ada di Indonesia semisal Mandiri, BCA, BRI atu bank lainnya.

Bukan pendiam, lebih suka diam dan mendengarkan.