Cara menggunakan ChatGPT: Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu.

Cara menggunakan ChatGPT: Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu.

Ingin pakai ChatGPT? Baca cara memulai dengan ChatGPT, memaksimalkannya, dan mempelajari apapun layanan yang disediakan di sini. LENGKAP

OpenAI dengsn ChatGPT-nya mulai menggebrak dengan kecerdasan buatan (AI) saat diluncurkan beberap bulan lalu. Sejak saat itu, chatbot AI telah mendominasi berita utama dan menjadi pusat perhatian bos perusahaan semacam twitter, google, amazon, microsoft, dan meta, menginspirasi mereka untuk membuat proyek AI generatif mereka sendiri.

ChatGPT, chatbot populer

Populernya ChatGPT tentu saja bukan berlebihan; pengguna dapat menghasilkan ide-ide kreatif hanya dengan menuliskan petunjuk, seperti mengajukan pertanyaan untuk mencari jawaban yang lucu, membuat konten, meningkatkan kemampuan menulis atau Excel mereka, menemukan dan memperbaiki bug dalam kode, atau sekedar meringkas isi sebuab buku.

Dalam bidang ini, sudah sangat jelas: apa yang membuat AI ini luar biasa bukanlah seberapa inovatifnya, melainkan seberapa baik alat ini dalam menghasilkan teks dan seberapa mudah diakses dan atau digunakan. ChatGPT dapat melakukan interaksi percakapan tertulis dengan pengguna, yang terasa alami seperti bercakap-cakap dengan orang yang berpengetahuan luas (dan terkadang berhalusinasi).

Meskipun ChatGPT termasuk baru diluncurkan, aplikasi ini telah memiliki 100 juta pengguna pada bulan Januari, dan dengan cepat menjadi 'aplikasi' dengan pertumbuhan tercepat sepanjang masa, melampaui TikTok - sampai akhirnya digeser oleh Threads pada bulan Juli. ChatGPT sangat populer dan berkinerja tinggi sehingga menimbulkan pertanyan apakah chatbot AI dapat menggantikan programmer, penulis, dan bahkan dokter, dan bagaimana mereka dapat merevolusi berbagai industri.

Bagaimana Cara Menggunakan ChatGPT

Orang-orang pun mulai tertarik untuk mulai mencoba menggunakan chatbot AI besutan OpenAI ini. Jika kamu termasuk slaah satunya, belum terlambat untuk mempelajarinya. Berikut ini cara memulai menggunakan ChatGPT:

  1. Buka chat.openai.com dan masuk atau daftar
  2. OpenAI, laman depan
    Halaman utama ChatGPT di situs OpenAI

    Mulailah dengan membuka chat.openai.com dan kemudian gunakan alamat email atau akun Google atau Microsoft untuk mendaftar. Kamu perlu membuat akun di situs web OpenAI untuk masuk dan mengakses ChatGPT, tetapi gratis.

    Jika belum pernah membuat akun, klik 'Daftar' dan ikuti petunjuk untuk memasukkan informasi kamu. OpenAI memerlukan nomor telepon yang valid untuk verifikasi guna membuat akun di situs webnya.

  3. Menerima disclaimer dari ChatGPT

    Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa penafian sebelum Anda dapat mengobrol dengan chatbot AI. Baca dan setujui satu per satu untuk memasuki obrolan.

    Syarat dan ketentuan memakai ChatGPT
    Syarat &:Ketentuan ChatGPT

    Persyaratan akan muncul dalam tiga tahap, klik Berikutnya pada dua tahap pertama dan Selesai pada tahap terakhir.

  4. Pelajari cara menggunakan ChatGPT

    Setelah masuk ke akun OpenAI di sisi situs web ChatGPT, sekarang saatnya untuk mengenal jendela alat AI. Berikut ini adalah rincian dari apa yang akan kamu lihat. Perhatikan gambar di bawah ini sebagai referensi:

    Tampilan antarmuka ChatGPT. Penjelasan masing sesuai nomor

    1. Tombol obrolan baru & menyembunyikan bilah sisi: Di sisi kiri layar, akan terlihat tombol untuk membuat 'Obrolan baru' yang dapat kamu klik untuk memulai percakapan baru kapan saja. Fitur ini berguna karena model ChatGPT mengingat apa yang sebelumnya telah didiskusikan dalam percakapan dan akan merespons dengan konteks, sehingga memulai obrolan baru akan membuat diskusi baru tanpa konteks.

    2. Riwayat obrolan: Bilah sisi kiri juga membuat semua percakapan sebelumnya tetap dapat diakses jika kamu perlu kembali membuka percakapan tersebut, meskipun ada opsi untuk mematikan riwayat obrolan. Di sini kamu bisa mengedit judul setiap obrolan, membagikan riwayat obrolan dengan orang lain, atau menghapusnya.

    3. Akun: Mengklik pada alamat email atau nama kamu di bagian kiri bawah layar akan memberikan kamu akses ke informasi akunmu, termasuk pengaturan, opsi untuk keluar, dan bantuan juga FAQ dari OpenAI. Jika Anda tidak memiliki ChatGPT Plus, Anda akan melihat tombol Upgrade ke Plus di sini untuk menggunakan layanan berbayar.

    4. Permintaan kamu: Pertanyaan atau perintah yang Anda berikan kepada chatbot AI muncul di sini.

    5. Tanggapan ChatGPT: Setiap kali ChatGPT merespons pertanyaan Anda, logonya akan muncul di sebelah kiri. Tombol Salin, Jempol ke Atas, dan Jempol ke Bawah muncul di sebelah kanan setiap tanggapan. Anda dapat menyalin teks ke papan klip untuk ditempelkan di tempat lain dan memberikan umpan balik apakah responsnya sudah akurat. Proses ini membantu menyempurnakan alat AI.

    6. Membuat ulang respons: Jika mengalami masalah dalam mendapatkan respons dalam obrolan atau tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, kamu bisa mengeklik 'Regenerate response' untuk meminta ChatGPT mencoba lagi dengan balasan baru sesuai dengan prompt terbaru.

    7. Area teks: Pada bagian ini, tempat memasukkan permintaan dan pertanyaan kamu; cukup tekan enter untuk mengirimkannya.

    8. Versi ChatGPT: OpenAI menyertakan sedikit tulisan kecil di bawah area input teks, di mana Anda dapat membaca penafian (disclaimer) bahwa ini adalah "Pratinjau Penelitian Gratis. ChatGPT dapat menghasilkan informasi yang tidak akurat tentang orang, tempat, atau fakta". Bagian ini juga menunjukkan versi model ChatGPT yang sedang Anda gunakan.

  5. Mulai menulis perintah dan pertanyaan.

    Sekarang Anda sudah tahu cara masuk dan mengakses ChatGPT, saatnya untuk memulai. Kamu dapat mengajukan pertanyaan apa pun kepada model bahasa yang kamu pakai dan melihat jawaban dari apa yang kamu perolwh - kemungkinannya tidak terbatas. ChatGPT adalah alat yang dapat diterapkan dalam proyek tanpa batas, mulai dari pengembangan perangkat lunak, penulisan, penerjemahan, dan banyak lagi.

    Ketik permintaan ChatGPT apa pun di bilah teks di bagian bawah halaman dan tekan enter untuk mengirimkan pertanyaan. Chatbot AI kemudian akan menghasilkan teks untuk memberikan jawaban yang bermanfaat atas pertanyaanmu.

  6. Bagaimana cara terbaik memberikan petunjuk (promt) menggunakan ChatGPT?

    ChatGPT dapat menghasilkan respon terhadap permintaan (fitur yang pada akhirnya dapat menjadi pesaing mesin pencari) yang cukup untuk menjadi alat penting untuk pembuatan konten. Mulai dari menulis esai hingga meringkas buku untuk kamu. Selain itu, ChatGPT juga dapat menulis dan memperbaiki kode, membuat kalkulasi, membantu mu menyusun resume, menulis rumus Excel, menerjemahkan informasi berbahasa asing, dan banyak lagi.

    Semakin baik perintahnya, semakin baik pula responsnya. Berikut adalah contoh perintah yang dapat kamu gunakan untuk memulai:

    • Bagaimana cara komputer menyimpan dan memproses informasi?
    • Analisis kode ini dan beritahu saya cara memperbaikinya: [Tempelkan kode]
    • Tulislah sebuah puisi tentang migrain dengan gaya Chairil Anwar.
    • Tulislah sebuah plugin untuk ----- yang berfungsi untuk -----
    • Apa perbedaan antara virus dan bakteri?
    • Tulislah surat sakit untuk anak saya yang tidak masuk sekolah.

Setelah memakai layanan ChatGPT beberapa saat, kamu mungkin akan mulai bertanya-tanya tentang hal-hal terkait layanan dan kegunaan dari chatbot ini.

Frequently Asked Question (FAQ)

Berikut beberapa hal yang sering dipertanyakan orang-orang dan jawaban tentang pertanyaan tersebut.
  1. Dapatkah saya menggunakan ChatGPT di ponsel saya?

    Langkah-langkah untuk menggunakan ChatGPT OpenAI dari ponsel Android kamu sama seperti di atas: buka chat.openai.com, masuk, setujui persyaratannya, dan mulailah mengetik. Asisten AI akan bekerja sama seperti ketika kamu mengaksesnya dari komputer.

    Bahkan sekarang, OpenAI sudah meluncurkan aplikasi khusus ChatGPT untuk ponsel Android dan iOS. Sehingga pemakaian fungsi ChatGPT menjadi lebih mudah.

  2. Apakah ChatGPT gratis?

    Ya, siapapun bisa menggunakan ChatGPT secara gratis - untuk saat ini. Karena model pemrosesan bahasa alami ini masih dalam tahap pengembangan dan pratinjau "pembelajaran", semua dapat menggunakannya secara gratis; Kamu hanya perlu mendaftar untuk mendapatkan akun OpenAI gratis,l meskipun ada opsi untuk meningkatkan keanggotaan menjadi berbayar.

    ChatGPT boleh dipakai gratis, kalau bayar dapat fitur lebih lengkap

    OpenAI meluncurkan ChatGPT Plus untuk pelanggan yang menginginkan akses tak terbatas tanpa penghentian layanan selama jam-jam sibuk, respon chatbot yang lebih cepat, dan akses prioritas ke fitur-fitur terbaru. Biayanya adalah $20/bulan atau dikiran 300 ribu rupiah.

    Langganan berbayar juga memberikan pengguna akses ke GPT-4, LLM yang lebih besar dan lebih canggih daripada GPT-3.5 yang digunakan dalam versi gratis ChatGPT.

  3. Bisa saya pakai untuk apa saja ChatGPT?

    Imajinasi adalah batasnya. Bersenang-senanglah dengan berbagai perintah ChatGPT. Misalnya, David Gewirtz dari ZDNET meminta chatbot AI untuk menulis plugin WordPress untuknya dan menggunakannya untuk membantunya memperbaiki kode dengan lebih cepat. Dia juga meminta ChatGPT untuk menulis skrip Star Trek dan memulai bisnis dengan menggunakan skrip tersebut dan alat AI lainnya.

    Bahkan ada juga yang telah menggunakannya untuk menulis malware. Seorang profesor telah mempromosikan penggunaan ChatGPT di ruang kelasnya, dan banyak guru-guru lain yang menggunakannya untuk mencari bahan ajar, bahkan lebih banyak daripada murid-murid mereka. Berikut ini beberapa ide lain yang bisa kamu coba:

    • Tulis lagu tentang [masukkan topik di sini] - Coba tambahkan beberapa detail.
    • Tulislah sebuah puisi tentang [masukkan topik di sini] - Sekali lagi, tambahkan detail sebanyak mungkin.
    • Berikan daftar bahan makanan dari dapur kamu dan mintalah ia untuk menulis resepnya.
    • Ajukan pertanyaan-pertanyaan filosofis.
    • Mintalah mereka untuk merangkum ide atau konsep.
    • Mintalah daftar barang bawaan untuk perjalanan tiga hari ke pantai.

    Semakin banyak detail yang kamu tuliskan dalam permintaanmu, semakin tepat jawabannya.

  4. Bagaimana cara membagikan percakapan ChatGPT?

    Belakangan, ChatGPT ini diperbarui untuk mendukung berbagi percakapan dengan orang lain dengan membuat tautan untuk dibagikan. Jika kamu ingin mengirim percakapan ke orang lain, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Temukan diskusi pada bilah sisi di sebelah kiri jendela
    2. Arahkan kursor ke judul percakapan di bilah sisi dan klik ikon Bagikan
    3. Klik Salin Tautan
    4. Tempelkan tautan tersalin ke dalam pesan atau email untuk penerima
    5. Kirim

  5. Apakah ChatGPT adalah AI terbaik?

    Jika kamu mencoba mencari tahu mana chatbot AI terbaik, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana jika ChatGPT dari OpenAI dibandingkan dengan yang lain, seperti Google Bard milik Google dan Bing yang didukung AI dari Microsoft. Kebangkitan ChatGPT terutama disebabkan oleh kombinasi lanjutan dari aksesibilitas yang luas, pengetahuan, dan kelancaran percakapan.

    Dibandingkan dengan ChatGPT, Bing Chat lebih didasarkan pada sifat mesin pencarinya, karena menggabungkan GPT-4 dan mengumpulkan informasi dari internet, bahkan mengutip sumber-sumber untuk halaman web tempat ia mendapatkan respons.

    ChatGPT suatu hari nanti bisa saja dapat menggantikan dan, dalam kasus Bing Chat, meningkatkan kemampuan mesin pencari. Meskipun bilah teks di ChatGPT bukanlah bilah pencarian, Microsoft memperkenalkan mesin pencari Bing bertenaga AI yang terhubung ke internet beberapa bulan yang lalu, memberikan jawaban untuk pertanyaan yang tidak dapat ditangani oleh ChatGPT.

  6. Dapatkah ChatGPT menolak menjawab pertanyaan saya?

    Sistem AI seperti ChatGPT tidak maha kuasa; mereka dapat dan memang menolak permintaan yang tidak sesuai. Selain memiliki pengetahuan yang terbatas, asisten AI dapat mengidentifikasi kiriman yang tidak pantas untuk mencegah pembuatan konten yang tidak aman.

    Kiriman ini termasuk pertanyaan yang melanggar hak-hak seseorang, menyinggung, diskriminatif, atau melibatkan aktivitas ilegal. Model ChatGPT juga dapat menantang premis yang salah, menjawab pertanyaan lanjutan, dan bahkan mengakui kesalahan ketika kamu menunjukkannya.

    Sering kali, ketika orang yang berbeda mengajukan pertanyaan yang sama pada ChatGPT, mereka akan mendapatkan jawaban yang sama. Mungkin ada beberapa variasi dalam kata-kata, tetapi jawabannya akan hampir sama.

    Seseorang yang ingin menentukan apakah ChatGPT menulis sebuah artikel atau esai dapat bertanya kepada ChatGPT pertanyaan yang sama dengan yang menjadi dasar artikel atau esai tersebut dan melihat apakah jawabannya serupa. ChatGPT juga cenderung menghasilkan prosa yang lebih sopan daripada penulis manusia.

  7. Apakah ChatGPT bisa memberikan jawaban yang salah?

    ChatGPT, seperti semua model bahasa lainnya, memiliki keterbatasan dan dapat memberikan jawaban yang tidak masuk akal serta informasi yang salah, jadi penting untuk memeriksa ulang data yang diberikan kepadamu. ChatGPT terus belajar dari data teks yang diberikan oleh pengguna dan hasil yang ditemukannya secara online, yang dapat membuatnya rentan terhadap kesalahan informasi.

    OpenAI merekomendasikan agar pengguna memberikan umpan balik tentang apa yang dikatakan ChatGPT kepada mereka dengan menggunakan tombol jempol ke atas dan jempol ke bawah untuk meningkatkan model. Lebih baik lagi, Kamu bisa menjadi bagian dari program Bug Bounty perusahaan untuk mendapatkan hingga $20.000 dengan melaporkan bug keamanan dan masalah keamanan.

    Chatbot AI tidak terhubung ke internet dan tidak dapat menentukan tanggal saat ini, jadi bertanya pada ChatGPT berapa hari lagi sampai hari tertentu (mis: libur keagamaan) tidak akan memberi jawaban yang tepat. Pembatasan ini merupakan salah satu cara ChatGPT berbeda dari mesin pencari.

  8. Apakah percakapan saya dengan ChatGPT akan digunakan untuk pelatihan?

    Ketika membiasakan diri dengan cara menggunakan ChatGPT, kamu mungkin bertanya-tanya apakah percakapan spesifikmu akan digunakan untuk pelatihan dan, jika ya, siapa yang dapat melihat obrolanmu. Percakapanmu dapat dilihat oleh OpenAI dan digunakan sebagai data pelatihan untuk menyempurnakan sistemnya kecuali jika memiliki keanggotaan Plus (berbayar), jadi tidak akan memasukkan informasi pribadi apa pun ke dalam jendela obrolan.

    Perintah yang kamu masukkan ketika menggunakan ChatGPT juga disimpan secara permanen ke akunmu kecuali menghapusnya. Jika mematikan riwayat obrolanmu, OpenAI akan menyimpan semua percakapan selama 30 hari sebelum menghapusnya secara permanen untuk memantau apakah ada penyalahgunaan.

  9. Bagaimana cara mematikan riwayat obrolan?

    Menonaktifkan riwayat obrolan di ChatGPT cukup sederhana. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

    1. Masuk ke akun OpenAI kamu
    2. Buka jendela obrolan di chat.openai.com
    3. Klik pada akunmu di bagian kiri bawah layar
    4. Di samping Kontrol Data, klik Tampilkan
    5. Nonaktifkan Riwayat Obrolan & Pelatihan

    Percakapan baru tidak akan digunakan untuk pelatihan dan tidak akan muncul di bilah sisi setelah menonaktifkan riwayat obrolan.

  10. Bagaimana cara menghapus akun ChatGPT saya?

    Jika kamu ingin menghapus akun ChatGPT yang kamu pakai, kamu harus menghapus akun OpenAI kamu. Ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Masuk ke akun OpenAI milikmu
    2. Buka Bantuan
    3. Di bagian bawah popup, pilih Pesan
    4. Klik Kirimkan pesan kepada kami
    5. Pilih Penghapusan Akun dari opsi yang tersedia
    6. Ikuti petunjuk untuk menghapus akun dan data kamu
  11. Mengapa saya tidak bisa masuk ke ChatGPT?

    Jika kamu mengalami masalah saat masuk ke ChatGPT setelah menggunakannya, ada beberapa hal yang bisa dicoba. Akses ke ChatGPT bisa dipengaruhi oleh berbagai masalah - akses saya ditolak saat menggunakan VPN, misalnya.

    OpenAI merekomendasikan untuk menyegarkan cache dan kuki perambanmu serta menggunakan metode autentikasi dan informasi login yang benar. Jika kamu telah melakukan hal-hal ini dan masih tidak dapat masuk, kamu dapat menemukan bantuan pemecahan masalah lebih lanjut di situs web OpenAI

Secara umum, pemakaian ChatGPT untuk hal-hal produktif juga membutuhkan kreatifitas dan sedikit keahlian jika menginginkan hasil yang memuaskan untuk hal-hal tertentu. Misalnya, ketika ingin meminta bantuan dalam membuat sebuah program, setidaknya kamu perlu punya pengetahuan bahasa pemrograman yang akan dipakai dalam program dimaksud. Ketika ingin mendapatkan sebuah artikel tentang perkara hukum, setidaknya kamu juga tahu beberapa hal terkait hukum yang berlaku.

Akan tetapi, jika kamu tidak mengetahui hal-hal tersebut, kamu bisa memposisikan ChatGPT sebagai narasumber atau informan. Perlu digarisbahawi bahwa informasi yangbdiberikan tidak mutlak benar adanya.

Bukan pendiam, lebih suka diam dan mendengarkan.